RMOLJATENG-sebagai bentuk kepedulian dan keprihatinan terhadap para korban Gunung Semeru, seluruh guru-guru atau asatid, alat kelengkapan organisasi dan anggota maupun pengurus di 16 kecamatan di Kota Semarang, yang tergabung dalam Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan al-Qur'an (Badko LPQ) Kota Semarang  berhasilkan mengumpulkan donasi sebesar Rp25 juta. Dana tersebut akan dikirim untuk membantu korban bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang-Jawa Timur.

Demikian disampaikan, Ketua Badko LPQ Kota Semarang, Dr. Bahrul Fawaid, melalui Sekretarisnya, Nurul Yaqin, usai pengiriman bantuan khusus kepada LPQ di Lumajang, Selasa (8/3/2022). 

Penyerahan bantuan ditandai dengan bentangan MMT bertuliskan "Bantuan Asatidz Badko LPQ Kota Semarang untuk korban terdampak erupsi Gunung Semeru Rp25 juta, bantuan khusus untuk LPQ, No Hp 0852 9020 xxxx". Dilengkapi gambar Dr. Hendrar Prihadi (Wali Kota Semarang), berkedudukan sebagai Dewan Pengawas Badko LPQ Kota Semarang.

"Keluarga besar Badko LPQ Kota Semarang, baik asatid, anggota, pengurus maupun alat kelengkapan organisasi dapat menyampaikan bantuan donasi kepada korban erupai Semeru yang berhasil terkumpul Rp 25 juta. Nantinya bantuan itu akan diberikan khusus kepada LPQ terdampak di Lumajanh," jelasnya.

Nurul mengatakan, donasi tersebut akan disumbangkan melalui LPQ di Lumajang. Menurutnya langkah itu, agar efektif dan lebih tepat sasaran, sehingga langsung kirim ke LPQ di Lumajang. Pihaknya berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat korban bencana. 

"Sebagai bentuk partisipasi dan kepedulian kami dari hati yang tulus. Mudah-mudahan bermanfaat bagi warga korban bencana di Lumajang," ungkapnya.

Badko LPQ Kota Semarang juga sempat melaksanakan doa bersama sebagai rasa turut belasungkawa terhadap peristiwa erupsi Gunung Semeru dan sejumlah musibah bencana di beberapa daerah lain di Indonesia.

"Kami atas nama keluarga besar Badko LPQ Kota Semarang turut berbelasungkawa untuk bencana di Lumajang, semoga masyarakatnya diberikan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini," sebutnya.

Pihaknya juga mengharap keselamatan dan keamanan untuk Kota Semarang serta daerah lainnya agar terhindar dari bencana dan malapetaka.

"Dalam kesempatan berdoa, kami juga berdoa Kota Semarang khususnya dan daerah lainnya serta negara kita selalu dilindungi Allah SWT dan dijauhkan dari malapetaka serta bencana," pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Lumajang Thoriqul Haq berbicara soal bantuan untuk korban erupsi gunung Semeru untuk saat ini, ia berharap bantuan yang datang berupa uang. Menurutnya, bantuan dalam bentuk logistik terbilang sudah cukup. Bahkan bisa mencukupi kebutuhan pengungsi hingga 1,5 bulan ke depan.

"Harapan kami, bila ada masyarakat yang berkeinginan membantu kami, bisa disalurkan dalam bentuk uang. Rekening sudah kami sampaikan," kata Thoriqul seperti dalam video yang diunggah akun Instagram @lumajang_tv, pada Senin (13/12/2021).