KBRN, Semarang : Sebanyak 1.085 santri angkatan XI menjalani wisuda di kampus UIN Walisongo Semarang, Minggu (19/6/2022). Wisuda yang digelar Badan Koordinasi (Badko) Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ) Kota Semarang ini terbagi dua gelombang.

Ketua Badko LPQ Kota Semarang Dr Bahrul Fawaid menjelaskan, para santri yang hari ini diwisuda adalah anak-anak pilihan. Mereka sebelumnya telah lulus dalam serangkaian ujian.

“Ujian bersama santri LPQ se-Kota Semarang tahun 2022 ini diikuti 1.620 santri. Dari yang dinyatakan lulus 1.085 santri,” jelasnya.

Wisuda pagi diikuti 546 santri, sedangkan siang hari diikuti 539 santri.

Wakil Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu mengungkapkan, para orang tua pasti bangga karena putra putrinya pintar ilmu agama dan membaca Al-Qur’an. Harapannya bisa menjadi tiket masuk surga.

Ia juga mengapresiasi ustaz dan ustazah yang sudah membimbing hingga mereka bisa diwisuda.

Menurut dia, era  globalisasi menimbulkan merebaknya demoralisasi beruntungnya ada anak-anak yang sudah dibentengi ilmu agama yang baik sehingga bisa menjadi generasi emas yang siap berkontribusi positif bagi masa depan negara.

“LPQ ini jadi salah satu benteng (demoralisasi), santri-santri ini sudah berada di trek yang tepat, belajar dan mengamalkan Al-Qur’an di usia yang masih muda,” pesannya.

Sementara itu, Ketua Badko LPQ Jawa Tengah Ateng Chozany Miftah berpesan, wisuda ini bukan akhir dari belajar Al-Qur’an. Sehingga santru harus melanjutkan belajar, membaca, dan mengamalkan Al-Qur’an.“Semoga ilmu yang didapat menjadi ilmu bermanfaat yang mampu mengantarkan menuju kesuksesan hidup, baik di dunia maupun akhirat,” doanya.

Dari 35 Badko LPQ di Jateng, Kota Semarang merupakan yang paling aktif berkegiatan.

“Badko yang konsisten melaksanakan satu program strategis membina mutu dan kualitas terselenggaranya pendidikan LPQ,” ujarnya.