SEMARANG (Sigi Jateng) – Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan al-Qur’an (Badko LPQ) di Kota Semarang mencatat ada puluhan gedung Taman Pendidikan Al-Qur’an di Kota Semarang yang terdampak banjir.

Ketua Badko LPQ Kota Semarang, Dr Bahrul Fawaid, melalui Sekretarisnya, Nurul Yakin mengatakan bahwa pihaknya hingga saat ini masih melakukan proses pendataan. Namun demikian upaya penggalangan dana sudah dilakukan. Hal itu sesuai instruksi Badko LPQ Provinsi Jawa Tengah.

Dari data yang sudah masuk di Badko LPQ Kota Semarang, terupdate TPQ yang terendam air hujan baru ada Gayamsari, yang terkena dampak banjir ada di TPQ Hidayatullah Sambirejo, Putu Kalinyamat, Manbaul Furqon, Miftahul Falaq, Baitut Taqwa, Sabilunnajah, Nurul Hikmah, Az Zahra Batursari, Baitut Salam, Nurul Ikhlas Pandansari, Ki Ageng Selo, Miftahul Ulum 1, dan Fastabiqul Khoirot.

Kemudian Kecamatan Genuk ada di TPQ Miftahul Ulum, Nurul Qur’an, Al Ikhlas, Aisyiyah, Muhajirin, dan Miftahul Ulum 2. Untuk Kecamatan Semarang Utara ada Roudhotul Quran, Al Ikhlas, ABA 14, Fityatun Amanu, Alhusna, Al-Khoir, As Salaam, Kyai Sholeh Darat, Miftahul Jannah, Bustanul Usyaqil Qur’an, Al Mawaddah, Baitur Rohim Bandarharjo, dan An Nur.

“Baru kemarin (Rabu) kami minta pengurus kecamatan merekap, yang sudah melaporkan Gayamsari, Genuk dan Semarang Utara. Sesuai instruksi Badko LPQ Jateng, kami juga sudah melakukan aksi peduli dengan cara menggalang dana serempak di 16 kecamatan, bantuan itu nantinya disalurkan ke sekolah dibawah naungan LPQ di setiap kabupaten/kota di Jateng yang terdampak bencana,” katanya Kamis (11/2/2021).

Pihaknya juga mengajak masyarakat yang tergerak bisa berpartisipasi membantu korban banjir dan longsor melalui lembaganya. Dengan cara berdonasi seikhlasnya ke Rekening Mybank Syariah No: 2708000019, atas nama Badko LPQ Kota Semarang. Apabila sudah berdonasi bisa konfirmasi ke kontak person 08157687048, atau ke 08122567546.

“Semua hasil kami pastikan akan disalurkan kepada para masyarakat, khususnya dunia pendidikan yang terdampak banjir dan longsor,” sebutnya.

Untuk sekolah yang tergenang banjir di bawah naungan lembaganya, imbuh Wakil Ketua III Badko LPQ Kota Semarang, Joko Susanto, total ada delapan kecamatan. Mulai Kecamatan Tugu, Semarang Utara, Gayamsari, Semarang Timur, Semarang Barat, Genuk, Ngaliyan dan Pedurungan. Nantinya hasil donasi, selain untuk korban banjir juga akan diserahkan ke korban terdampak longsor. Seperti di Gajahmungkur dan Candisari.

“Jumlah detail per lembaga belum diketahui, yang jelas lebih dari 50 sekolah dibawah naungan kami. Seperti di Pedurungan saja, ada di dua titik yang kena banjir, mulai Kelurahan Muktiharjo Kidul dan Plamongansari,” imbuhnya. (Mushonifin)