TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Al-Quran (Badko LPQ) Kota Semarang resmi membentuk pengurus Badko LPQ di 16 kecamatan di Kota Semarang. Pelantikan dan pengukuhan pengurus dilakukan di Aula Wisma P4G Semarang, Minggu (10/1/2021).

Ketua Badko LPQ Kota Semarang, Bahrul Fawaid mengatakan, saat ini terdapat 1.146 LPQ di seluruh wilayah Kota Semarang.

Dari jumlah itu, terdapat 4.011 tenaga pendidik (ustadz dan ustadzah) dan 65.249 siswa atau santri.

"Terbentuknya pengurus di semua kecamatan ini nantinya akan lebih mempermudah koordinasi dan pengelolaan seluruh LPQ yang ada di Kota Semarang," kata Bahrul.

Pengelolaan LPQ, katanya, terkait dengan upaya peningkatan kualitas pendidikan atau pengajaran yang diberikan. Sehingga apa yang menjadi visi misi Badko LPQ Kota Semarang bisa tersampaikan ke para pengelola LPQ.

Tak hanya itu, terbentuknya kepengurusan LPQ di tingkat kecamatan tersebut juga menjadi bagian dalam upaya meningkatkan kesejahteraan para tenaga pendidik dalam hal ini ustadz dan ustadzah.

"Harapannya, ada perbaikan dalam hal organisasi dan kualitas ustadz hingga kesejahteraannya. Karena itu yang menjadi perhatian kami," jelasnya.

Terkait visi misi, Bahrul menegaskan, salah satu misi pendidikan dan pengajaran LPQ adalah untuk mencetak dan menyiapkan generasi bangsa yang qur'ani. Sehingga menjadi pribadi yang kokoh berakidah, taat dan rajin beribadah, berbudi luhur, serta cinta tanah air dan NKRI.

Hanya saja, kata Bahrul, setiap organisasi pasti akan mengalami persolan atau tantangan, serta kondisi yang tidak sesuai dengan harapan. Meskipun rencana kerja dalam meningkatkan kualitas pendidikan sudah terbentuk.

"Jadi jangan sampai patah semangat, terus berjuang dengan tulus dan ikhlas," pesannya.

Ketua Panitia Pelantikan dan Pengukuhan yang juga Wakil Ketua III Badko LPQ Kota Semarang, Joko Susanto menuturkan, LPQ adalah lembaga pendidikan Islam yang mencetak generasi mendatang sebagai generasi yang berakhlak.

Tentunya hal itu sangat membutuhkan pendidik yang senantiasa maju, kreatif dan ikhlas. Karenanya, para pengelola lembaga pendidikan Alquran khususnya di kecamatan se-Kota Semarang ini perlu dibentuk agar dapat terkoordinasi dengan baik.

"Badko LPQ mempunyai tugas dan fungsi membina, mendorong, dan mengembangkan lembaga-lembaga pendidikan Al-quran. Sehingga LPQ di Kota Semarang semakin maju, tidak hanya dari lembaganya saja tetapi juga para pendidiknya atau ustadz," paparnya.

Jika sudah demikian, maka jiwa qurani akan tertanam dan mendarah daging di dalam ruh dan jiwa anak-anak yang menimba ilmu di LPQ. Dampaknya, ke depan masyarakat Kota Semarang bisa hidup berdampingan dalam keanekaragaman agama, etnis, dan suku.

"Kami berharap pembinaan terhadap LPQ bisa lebih maksimal lagi ke depannya," imbuhnya. (*)



Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Badko LPQ Kota Semarang Lantik Pengurus di 16 Kecamatan untuk Permudah Pengelolaan LPQ, https://jateng.tribunnews.com/2021/01/10/badko-lpq-kota-semarang-lantik-pengurus-di-16-kecamatan-untuk-permudah-pengelolaan-lpq.
Penulis: m zaenal arifin
Editor: sujarwo